Headlines News :
Dengarkan Glest Radio 774 AM - Tangerang ...::...Silahkan dengarkan Glest Radio 774 AM Streaming Di Sini...::...Iklankan Produk dan Usaha Anda di www.glestradio.com atau di Glest Radio 774 AM ...::...Anda Sedang Mendengarkan Glest Radio Streaming, yang dipancarluaskan dari Graha Glest - Tangerang - Banten....::...GLEST GO Green...:::...Mau Pasang iklan Di Glest Radio atau situs glestradio.com silahkan Klik Di Sini
Home » , » Jurus Ringan Hemat BBM ala BMW (Bagian 2, Habis)

Jurus Ringan Hemat BBM ala BMW (Bagian 2, Habis)

 GlestRadio.com – Selain kesiapan mobil, gaya mengemudi juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar. "Gaya mengemudi memengaruhi konsumsi bahan bakar hingga 20 persen," ujar Bettina Schmidt, instruktur mengemudi BMW dari Jerman.

Asyiknya, teknologi yang dimiliki oleh mobil modern bisa membantu kita mengemudi dengan cara yang efisien. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah yang diberikan Bettina.
- Nyalakan mesin dan langsunglah bergerak. Tak perlu terlalu lama memanaskan, karena teknologi modern membuat mesin dapat langsung bekerja saat kondisi dingin.
- Jadilah pengemudi yang “melihat jauh ke depan” . Artinya, perhatikan kondisi lalu lintas yang akan anda lalui. Contohnya, jika di depan tampak lampu lalu lintas telah berubah menjadi kuning, segeralah kurangi kecepatan. Begitu juga jika tampak terjadi antrian. Jika sempat, dengarkan informasi lalu lintas sebelum bepergian.
- Perhatikan gaya mengemudi melalui layar informasi di mobil. Beberapa model mobil terbaru, telah dilengkapi indikator perpindahan gigi dan konsumsi bahan bakar real-time. Indikator ini akan menuntun Anda untuk memindahkan gigi di saat paling tepat, serta mempertahankan putaran mesin pada aliran bahan bakar paling efisien.
- Angkat kaki dari pedal gas seawal mungkin ketika hendak berhenti. Hal ini akan langsung mengurangi pasokan bahan bakar ke mesin.
- Saat menunggu di lampu lalu lintas, perlintasan kereta api atau di tengah kemacetan, matikan mesin. Hal ini merupakan prinsip dasar teknologi start/stop otomatis yang menghemat bahan bakar.
Akselerasi Ekonomis Tips terakhir dari Bettina adalah cara melakukan akselerasi menengah yang ekonomis. "Prinsipnya adalah menahan posisi gigi setinggi mungkin. Kemudian, tahan pedal gas 2/3 penuh saat berakselerasi, hingga kecepatan yang diinginkan tercapai. Jangan menurunkan gigi transmisi," jelasnya.
Contohnya, pada BMW 320i bertransmisi manual, akselerasi dari kecepatan 50 km/jam hingga 100 km/jam dengan menggunakan gigi 5, dapat menghemat 10 persen bahan bakar dibandingkan menggunakan gigi 3.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Glest Radio | News
Copyright © 2011. Glest Otomotif - All Rights Reserved
Template Modify by GlestRadio
Proudly powered by Blogger